Pengertian Dan Fungsi Pranata Sosial


Hubungan Sosial dan Pranata Sosial Dalam Kehidupan Masyarakat
6.      Macam-Macam Pranata
7.      Pranata Keluarga
8.      Pranata Agama
9.      Pranata Ekonomi


1.    Pengertian dan Fungsi Pranata Sosial

Pranata sosial yaitu suatu sistem tata kelakuan dalam kekerabatan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi banyak sekali kebutuhan khusus dalam masyarakat.

Pranata sosial berasal dari bahasa gila social institutions, yang berarti sebagai forum kemasyarakatan atau kumpulan norma (sistem norma).


Fungsi pranata social secara umum:

a.    Memberikan anutan kepada anggota masyarakat dalam hal bertingkah laris dan bersikap dalam menghadapi problem kemasyarakatan.

b.    Menjaga keutuhan dan integrasi masyarakat.

c.    Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial, artinya sistem pengawasan masyarakat terhadap tingkah laris anggota-anggotanya.


Fungsi pranata social secara manifes (nyata) secara laten (terselubung).

a.    Fungsi manifes yaitu fungsi pranata sosial yang nyata, tampak, disadari dan menjadi impian sebagian besar anggota masyarakat. Misalnya dalam pranata keluarga memiliki fungsi reproduksi yaitu mengatur hubugnan seksual untuk sanggup melahirkan keturunan.

b.    Fungsi laten yaitu fungsi pranata sosial yang tidak tampak, tidak disadari dan tidak dibutuhkan orang banyak, tetapi ada. Misalnya dalam pranata keluarga memiliki fungsi laten dalam pewarisan gelar atau sebagai pengendali sosial dari sikap menyimpang.


Materi IPS Sekolah Menengah Pertama Kelas 8
Sumber: Buku IPS Sekolah Menengah Pertama Kelas 8, dan beberapa situs di internet
LihatTutupKomentar