Berikut KI (Kompetensi Inti)  dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Sesuai Permendikbud 24 Tahun 2016. Posting ini terbagi 3 bab 1) KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN Kurikulum 2013 Kelas 7 (VII), 2) KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN Kurikulum 2013 Kelas 8 (VIII) dan 3) KI (Kom petensi Inti)  dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN Kurikulum 2013 Kelas 9 (IX) A. KI (Kompetensi Inti)  dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN  SMP/MTS Kurikulum 2013 Kelas 7 (VII), sebagai berikut:
  Kompetensi Inti (KI)  1 Aspek  Spriritual   |     Kompetensi Inti (KI)  2 Aspek  Sosial   |   
 2.  Menghargai dan menghayati pedoman agama yang   dianutnya   |     2.   Menunjukkan sikap jujur, disiplin,   tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri   dalam berinteraksi  secara efektif   dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya   |   
 Kompetensi Dasar   |     Kompetensi Dasar   |   
 1.1  Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas   semangat dan kesepakatan para pendiri negara dalam merumuskan dan tetapkan   Dasar Negara Pancasila   |     2.1  Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen   sebagai warga negara Indonesia sepeti yang diteladankan para pendiri negara   dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara   |   
 1.2   Menghargai norma-norma keadilan yang   berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa   |     2.2  Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam   kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan   |   
 1.3  Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan   pengukuhan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai   bentuk sikap beriman   |     2.3   Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang   mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengukuhan UUD   Republik Indonesia Tahun 1945   |   
 1.4   Menghormati keberagaman norma-norma, suku,   agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesama   ciptaan Tuhan   |     2.4  Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan   antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika   |   
 1.5   Mensyukuri makna kolaborasi dalam aneka macam   bidang kehidupan di masyarakat   |     2.5   Mendukung bentuk-bentuk kolaborasi dalam   aneka macam bidang kehidupan di masyarakat   |   
 1.6   Menghargai karakteristik tempat tempat   tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah   Tuhan Yang Maha Esa   |     2.6  Bersikap antusias terhadap persatuan dan   kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik tempat tempat tinggalnya   |   
 Kompetensi Inti (KI)  3 Aspek  Pengetahuan   |     Kompetensi Inti (KI)  3 Aspek  Keterampilan   |   
 3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,   dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi,   seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata   |     4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah   konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan   ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai   dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut   pandang/teori   |   
 Kompetensi Dasar   |     Kompetensi Dasar   |   
 3.1   Menganalisis proses perumusan dan penetapan   Pancasila sebagai Dasar Negara        |     4.1   Menyaji hasil analisis proses perumusan   dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara   |   
 3.2   Memahami norma-norma yang berlaku dalam   kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan          |     4.2  Mengampanyekan sikap sesuai norma-norma   yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan          |   
 3.3   Menganalisis kesejarahan perumusan dan   pengukuhan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945   |     4.3   Menjelaskan proses kesejarahan perumusan   dan pengukuhan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945   |   
 3.4  Mengidentifikasi keberagaman suku, agama,   ras dan antargolognan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika     |     4.4  Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku,   agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika   |   
 3.5  Menganalisis bentuk-bentuk kolaborasi dalam   aneka macam bidang kehidupan di masyarakat       |     4.5  Menunjukkan bentuk-bentuk kolaborasi di   pelbagai bidang kehidupan    masyarakat   |   
 3.6  Mengasosiasikan karakteristik tempat dalam   kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia   |     4.6  Melaksanakan penelitian sederhana untuk   mengilustrasikan karakteristik tempat tempat tinggalnya sebagai bab utuh   dari    Negara   Kesatuan Republik Indonesia    berdasarkan   rancangan yang telah    dibuat   |   
 B. KI (Kompetensi Inti)  dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN SMP/MTS Kurikulum 2013 Kelas 8(VIII), sebagai berikut:
  Kompetensi Inti (KI)  1 Aspek  Spriritual   |     Kompetensi Inti (KI)  2 Aspek  Sosial   |   
 2.  Menghargai dan menghayati pedoman agama yang   dianutnya   |     2.   Menunjukkan sikap jujur, disiplin,   tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri   dalam berinteraksi  secara efektif   dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya   |   
 Kompetensi Dasar   |     Kompetensi Dasar   |   
 1.1  Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa   atas  konsensus nasional Pancasila   sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa    |     2.1  Mengembangkan sikap yang mencerminkan   nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa    |   
 1.2   Menghargai makna, kedudukan dan fungsi   UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap   beriman dan bertakwa    |     2.2   Mendukung makna, kedudukan dan fungsi   UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan   perundangan lainnya sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia   1945    |   
 1.3   Bersyukur kepada  Tuhan yang Maha Esa untuk nilai dan   semangat  Kebangkitan nasional 1908   dalam usaha kemerdekaan Republik Indonsia    |     2.3  Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan   aturan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan peraturan   perundanga-undangan nasional    |   
 1.4   Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan   nasional 1908 dalam usaha kemerdekaan Republik Indonesia secara tulus.    |     2.4  Bertanggung jawab terhadap makna dan arti   penting  Kebangkitan nasional 1908   dalam usaha kemerdekaan Republik Indonesia    |   
 1.5   Menjalankan sikap orang beriman sesuai   nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika      |     2.5   Mengembangkan sikap toleransi sesuai nilai   dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika    |   
 1.6   Mensyukuri semangat dan kesepakatan kolektif   kebangsaan untuk memperkuat NKRI yang berketuhanan Yang Maha Esa   |     2.6  Menunjukkan sikap tolong-menolong sebagai   wujud nyata semangat dan kesepakatan kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara   Kesatuan Republik Indonesia   |   
 Kompetensi Inti (KI)  3 Aspek  Pengetahuan   |     Kompetensi Inti (KI)  3 Aspek  Keterampilan   |   
 3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,   dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi,   seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata   |     4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah   konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan   ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai   dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut   pandang/teori   |   
 Kompetensi Dasar   |     Kompetensi Dasar   |   
 3.1  Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan   pandangan hidup bangsa            |     4.1   Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila   sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari   |   
 3.2  Menelaah makna, kedudukan dan fungsi   UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peratuan   perundangan-undangan lainnya dalam sistem aturan nasional    |     4.2  Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan   dan fungsi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan   kehidupan sehari-hari    |   
 3.3  Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan   dalam sistem aturan nasional nasional di Indonesia    |     4.3  Mendemonstrasikan rujukan pengembangan  tata urutan peraturan perundang-undangan dalam   sistem aturan nasional nasional di Indonesia    |   
 3.4  Menganalisa    makna dan arti Kebangkitan nasional 1908 dalam usaha kemerdekaan   Republik Indonsia    |     4.4   Menyaji hasil daypikir ihwal tokoh   kebangkitan nasional dalam usaha kemerdekaan Republik Indonesia    |   
 3.5   Memproyeksikan nilai dan semangat Sumpah   Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika    |      4.5    Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda Tahun   1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari    |   
 3.6  Menginterpretasikan semangat dan kesepakatan   kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam   kontek kehidupan siswa   |     4.6   Mengorganisasikan aktivitas lingkungan yang   mencerminkan semangat dan kesepakatan kebangsaan untuk memperkuat Negara   Kesatuan Republik Indonesia   |   
 C. KI (Kompetensi Inti)  dan KD (Kompetensi Dasar)  Mata Pelajaran PPKN SMP/MTS Kurikulum 2013 Kelas 9 (IX), sebagai berikut:
  Kompetensi Inti (KI)  1 Aspek  Spriritual   |     Kompetensi Inti (KI)  2 Aspek  Sosial   |   
 2.  Menghargai dan menghayati pedoman agama yang   dianutnya   |     2.   Menunjukkan sikap jujur, disiplin,   tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri   dalam berinteraksi  secara efektif   dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya   |   
 Kompetensi Dasar   |     Kompetensi Dasar   |   
 1.1   Mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai   Dasar Negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa    |     2.1   Menunjukkan sikap besar hati akan tanah air   sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara    |   
 1.2   Menghargai isi alinea dan pokok pikiran   yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia   Tahun 1945  sebagai wujud rasa syukur kepada   Tuhan Yang Maha Esa    |     2.2  Melaksanakan isi alinea dan pokok pikiran   yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia   Tahun 1945    |   
 1.3   Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas   bentuk dan kedaulatan Negara Republik Indonesia    |     2.3   Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam   mendukung bentuk dan kedaulatan Negara    |   
 1.4   Menghormati  keberagaman suku, agama, ras, dan   antargolongan (SARA) di masyarakat sebagai derma Tuhan Yang Maha Esa    |     2.4   Mengutamakan sikap toleran  dalam menghadapi duduk kasus akhir keberagaman   kehidupan bermasyarakat dan cara pemecahannya    |   
 1.5   Mengapresiasi prinsip harmoni dalam   keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya,   ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai anugerah Tuhan   Yang Maha Esa    |     2.5   Menunjukkan sikap peduli terhadap masalah-masalah   yang muncul dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, dan gender di masyarakat dan   cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika    |   
  1.6     Menunjukkan sikap orang beriman dalam menyayangi tanah air dalam   konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia   |     2.6   Mengutamakan sikap disiplin sebagai warga   negara sejalan dengan konsep bela negara dalam konteks Negara Kesatuan   Republik Indonesia   |   
 Kompetensi Inti (KI)  3 Aspek  Pengetahuan   |     Kompetensi Inti (KI)  3 Aspek  Keterampilan   |   
 3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,   dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi,   seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata   |     4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah   konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan   ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai   dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut   pandang/teori   |   
 Kompetensi Dasar   |     Kompetensi Dasar   |   
 3.1   Membandingkan antara insiden dan   dinamika yang  terjadi di masyarakat   dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup   bangsa    |     4.1   Merancang dan melaksanakan penelitian   sederhana ihwal insiden dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait   penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa    |   
 3.2   Mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran   yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia   tahun 1945    |      4.2     Menyajikan hasil sintesis isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung   dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945    |   
 3.3   Memahami ketentuan ihwal bentuk dan   kedaualatan negara sesuai UUD Negara Republik Indonesia tahun   1945    |     4.3   Memaparkan penerapan ihwal bentuk dan   kedaualatan negara sesuai UUD Negara Republik Indonesia tahun   1945    |   
 3.4   Menganalisis prinsip persatuan dalam   keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), sosial, budaya,   ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika    |     4.4   Mendemonstrasikan hasil analisis prinsip   persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dalam   bingkai Bhinneka Tunggal Ika    |   
  3.5     Menganalisis prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan   (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika      |     4.5   Menyampaikan hasil analisis prinsip harmoni   dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya,   ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika    |   
 3.6   Mengkreasikan konsep cinta tanah air/bela   negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia    |      4.6     Mengorganisasikan aktivitas lingkungan yang mencerminkan konsep cinta   tanah air dalam konteks kehidupan sehari-hari    |   
