Menteri Pariwisata Ajak Warga Nikmati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Di Luar Rumah

Gerhana matahari total akan melewati beberapa wilayah Indonesia beberapa hari lagi, tepatnya pada 9 Maret 2016. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengimbau supaya masyarakat keluar rumah dan menikmati keindahan gerhana matahari ketika fenomena langka itu terjadi.

Gerhana matahari memang sangat menarik, setidaknya ini beberapa alasan mengapa gerhana matahari menarik?
1) Gerhana menjadi fenomena yang menarik perhatian umat insan semenjak masa lampau.

  • Gerhana dikaitkan dengan petaka atau bencana.
  • Hilangnya Matahari atau Bulan dianggap disebabkan oleh sosok supranatural yang menelan benda langit tersebut.
  • Beragam mitos berkembang di seantero dunia, beberapa di antaranya masih dipercaya oleh masyarakat Indonesia.
2) Gerhana Matahari juga pernah menjadi pembuktian dari teori fenomenal.
Teori Relativitas Umum Einstein menyatakan pembelokan ruang-waktu akhir gravitasi. Teori ini dibuktikan oleh hasil pengamatan Eddington ketika Gerhana Matahari Total 29 Mei 1919.
Lapisan korona Matahari akan tampak ketika Gerhana Matahari Total. Pengamatan ketika gerhana membantu ilmuwan memahami bintang induk Tata Surya.
3) Masyarakat modern semakin tertarik dengan keindahan langit beserta fenomena yang terjadi di sana. Beberapa konsep wisata muncul dalam kaitannya dengan fenomena langit dan antariksa :

  • Celestial Tourism
  • Astronomical Tourism
  • Space Tourism
4) Gerhana merupakan fenomena langka yang tidak terjadi setiap bulan. Bidang orbit Bulan yang miring 5 derajat  terhadap bidang orbit Bumi mengakibatkan gerhana terjadi hanya pada musim-musim gerhana. Saat itu, Bulan dan Matahari berada bersahabat dengan titik simpul, perpotongan kedua bidang orbit.
Anjuran supaya masyarakat menikmati keindahan fenomena alam ketika terjadi gerhana matahari total ini sejalan dengan pendapat kepala LAPAN bahwa Pengamatan gerhana matahari total ini tidak berbahaya asal dilakukan dengan cara-cara yang aman. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin menjelaskan sinar gerhana matahari total tidak akan menciptakan mata buta, justru ketika gerhana total mencapai puncaknya maka itu yakni ketika yang sempurna untuk melihat keindahan korona atau mahkota matahari secara pribadi tanpa penghalang. 

Agar kesehatan mata tak terganggung, maka perlu alat bantu untuk melihat gerhana sebelum dan setelah puncak gerhana total. Karena itu Kemenpar akan menyediakan 1.000 kacamata untuk melihat gerhana matahari. Nantinya, 1.000 kacamata itu akan didistribusikan ke 12 titik yang dilewati gerhana. Kacamata itu sanggup digandakan supaya sanggup digunakan warga untuk menikmati fenomena langka itu.

"Anyway, nanti Kemenpar akan berbagi teladan mungkin 1000 kacamata itu yang sanggup diduplikat oleh 12 lokasi yang dilewati," terperinci Arief. 

Pada 9 Maret nanti, Menpar menargetkan akan ada 5 Juta wisawatan yang memenuhi 12 titik pantau gerhana. Dari jumlah itu, ditargetkan ada 100 ribu wisatawan ajaib yang tiba ke Indonesia untuk menikmati gerhana.

Cara yang kondusif untuk mengamati gerhana yakni ketika matahari perlahan tertutup bulan dan kondisi langit berangsur menjadi gelap (gerhana matahari sebagian) dianjurkan untuk memakai filter atau kacamata khusus untuk melihat matahari. Cara melihatnya juga jangan terlalu fokus lantaran ketika itu matahari belum semuanya tertutup dan sebagian sinar matahari masih memancar besar lengan berkuasa hingga sanggup merusak retina mata. "Jadi menyaksikan beberapa menit, tidak terlalu asik, sesekali melihat ke tempat lain dan tidak fokus ke matahari itu akan aman-aman saja," ucap . Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddi

Saat matahari tertutup total dan langit menjadi gelap, filter yang melindungi mata sanggup dilepas. Keindahan gerhana matahari total sanggup disaksikan pribadi dengan mata. Namun harus diingat, jangan terlalu usang menatap lantaran durasi gerhana matahari total ini hanya 2 hingga 3 menit saja. Setelah itu matahari akan tersibak dan langit kembali cerah. Saat matahari mulai tersibak maka filter mata harus digunakan supaya cahaya matahari tidak merusak retina.

"Ketika bulan mulai tersibak lepas dari matahari, maka piringan matahari yang terang itu akan menyilaukan sekali padahal pupil mata sedang membesar dan itu yang sanggup merusak retina mata," kata Thomas.

"Kita harus sosialisasi kepada masyarakat bila melihat fenomena gerhana matahari itu kondusif asal tidak terlalu asik melihatnya. Kaprikornus jangan ada lagi pembohongan massal yah menyerupai tahun 1983, gerhana matahari berbahaya, orang suruh masuk ke dalam rumah, jendela-jendela rumah dikunci," ucap Thomas.


Sementara itu komunitas astronomi Langit Selatan dalam websitenya menyampaikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengamati gerhana matahari total. Untuk Gerhana Matahari Total 2016 di Indonesia, akan ada area yang sanggup menikmati momen ketika matahari sepenuhnya ditutupi bulan, akan tetapi ada juga tempat yang hanya akan mengalami gerhana matahari sebagian. Untuk sanggup menikmati gerhana matahari di tahun 2016, ada hukum yang harus selalu diingat.

Aturan itu yakni ketika matahari masih tampak di langit, jangan pernah melihat matahari dengan mata tanpa alat. Gunakan filter matahari pada kacamata matahari selama pengamatan. Jangan gunakan kacamata hitam, film yang diekspos, CD, atau filter lainnya, lantaran sanggup membahayakan mata.



Ketika terjadi totalitas selama 2-3 menit, matahari sudah tidak tampak dan pengamat sanggup melihat pribadi ke korona matahari. Akan tetapi, segera setelah totalitas berakhir dan matahari tampak kembali, kenakan kacamata gerhana yang sudah dilengkapi filter matahari untuk menyaksikan gerhana sebagian.

Pada tahun ini, ada 12 titik di Indonesia yang akan di lewati gerhana matahari. Kota Maba di Halmahera Timur menjadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan gerhana.

Di Jakarta, gerhana matahari akan terjadi sebesar 88,76 persen. Matahari mulai tertutup bulan pukul 06.19 WIB dan akan berakhir pada 08.31 WIB. 


Selain Jakarta berikut daftar tempat lain yang akan mencicipi gerhana matahari sebagian:



1. Padang



Gerhana terjadi 95,41 persen

Disaksikan mulai pukul 06.21 WIB hingga 08.27 WIB



2.Bandung



Gerhana terjadi 88,76 persen

Disaksikan mulai pukul 06.19 WIB hingga 08.32 WIB



3. Surabaya



Gerhana terjadi 92,96 persen
Disaksikan mulai pukul 06.23 WIB hingga 08.40 WIB

4. Pontianak

Gerhana terjadi 92,96 persen
Disaksikan mulai pukul 06.23 WIB hingga 08.40 WIB

5. Denpasar

Gerhana terjadi 76,53 persen
Disaksikan mulai pukul 07.22 WITA hingga 09.42 WITA

6. Banjarmasin

Gerhana terjadi 98,22 persen
Disaksikan mulai pukul 07.23 WITA hingga 09.47 WITA

7. Makassar

Gerhana terjadi 88,54 persen
Disaksikan mulai pukul 07.25 WITA hingga 09.54 WITA

8. Kupang

Gerhana terjadi 65,49 persen
Disaksikan mulai pukul 07.28 WITA hingga 09.55 WITA

9. Manado

Gerhana terjadi 96,66 persen
Disaksikan mulai pukul 07.34 WITA hingga 10.15 WITA

10. Ambon

Gerhana terjadi 86,91 persen
Disaksikan mulai pukul 08.33 WIT hingga 11.16 WIT 


Sumber: news.detik.com





= Baca Juga =



LihatTutupKomentar